Halloween party ideas 2015

 OMK MEMBACA ALKITAB


Banyak yang miris dengan relasi kaum muda Katolik dengan Kitab Suci. Kemirisan ini muncul setelah sepintas melihat gaya anak muda zaman ini. Mereka tidak menghiraukan buku sebagai sumber ilmu. Ini berimbas juga pada Kitab Suci sebagai buku iman.

Penilaian miris ini tidak sepenuhnya benar. Ada juga anak muda yang bahkan lebih rajin dari kelompok dewasa. Mereka dengan caranya membaca dan merenungkan Kitab Suci. Miris memang menjadi momok sesaat yang disematkan begitu saja pada kaum muda oleh kaum dewasa. Padahal, jika saja ada keterbukaan antara dua kaum, rasa miris ini boleh jadi bisa berubah menjadi sebuah energi baru.

Energi itu memang ada dan nyata. Banyak anak muda membaca Kitab Suci dengan model zaman ini. Di hp mereka terpasang beberapa aplikasi doa dan renungan harian. Demikian juga di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan bahkan di status WhatsApp. Ini menandakan bahwa kaum muda juga akrab dengan Kitab Suci.



Cara ini tentu baru. Beda dengan cara tradisional sebelumnya yakni membaca di buku. Buku manual kini mulai tergantikan dengan buku elektronik dan berbagai aplikasi digital lainnya. Jadi, kalau dilihat, sebenarnya bukan soal lebih dekat atau tidak dengan Kitab Suci tetapi cara membaca Kitab Suci. Kalau kaum tua masih tinggal dalam cara tradisionalnya tentu saja tidak bisa diterima begitu saja cara modern a la anak muda. Tetapi kalau kaum tua mau sedikit saja menyelami kehidupan anak muda, boleh jadi mereka akan bergembira karena anak-anak mereka juga dekat dengan Kitab Suci.

Anak-anak muda di Paroki St Paulus Pekanbaru juga demikian. Dengan jelas, hampir semuanya mengatakan, saya mempunyai aplikasi e-katolik di hp. Aplikasi ini berisi kumpulan doa, bacaan harian dan renungan, riwayat santo-santa, dan berbagai ajaran iman Katolik lainnya. 



Pengalaman mereka ini kiranya amat cocok dengan tema Bulan Kitab Suci Nasional 2017: KABAR GEMBIRA DI TENGAH GAYA HIDUP MODERN. Tema ini masih dibagi dalam 4 sub-tema yang akan direnungkan selama 4 minggu dalam bulan khusus ini. Subtema pertama yakni Kemajuan Teknologi demi Kemuliaan Allah. Orang Muda Katolik St Paulus merenungkan subtema ini pada Jumat, 7 September yang lalu. Bagian pertama ini amat dekat dengan kehidupan mereka. 

Mereka termasuk generasi Z atau iGen atau juga Post-Millennials dalam kategori Penulis dan Sejarawan dari Chicago, Amerika William Strauss (1947-2007) dan koleganya, Sejarawan dan Konsultan Amerika Neil Howe (1965). Yang termasuk dalam kategori ini adalah mereka yang lahir antara 1995-2010. Generasi ini mempunyai satu ciri khas yakni dekat dengan dunia internet. Maka, generasi ini pun mempunyai nama lain yakni generasi internet.


Generasi inilah yang menjadi mayoritas di OMK St Paulus saat ini. Dalam sharing Jumat malam itu, ada yang dengan jelas mengatakan, saya lahir di masa internet sehingga otomatis dunia internet menjadi dunia harian saya. Dunia internet hadir melalui perangkat hp, komputer, TV, dan perangkat lainnya.

Berangkat dari pengalaman ini, OMK pun berkomitmen untuk menggunakan media modern ini sebagai sarana memuliakan Allah. Ini kiranya menjadi perhatian bukan saja dari OMK tetapi juga dari keluarga dan lingkungan hidup mereka. Keluarga sendiri akan lebih baik jika berpegang pada nilai Kristiani. Nilai itu bisa didapat termasuk dengan menggali kekayaan spiritual dari Kitab Suci.

Malam ini, kisah itu diperdengarkan juga kepada OMK yakni Kisah Menara Babel (Kejadian 11:1-9). Dalam kisah ini, amat jelas tersirat pesan berharga. Manusia tidak akan sampai pada Allah jika ia berangkat dengan kesombongannya. Raja-raja dan warga Babilonia pada kisah itu ingin mencapai Allah dengan mendirikan Menara Babel. Namun, Allah rupanya memorak-porandakan rencana mereka dengan mengacaubalaukan bahasa mereka. Bahasa yang menjadi alat komunikasi terpenting rupanya menjatuhkan mereka dari ambisi nafsu sesaat itu.



Kisah ini ingin mengingatkan kita juga, kaum Kristiani, untuk bijak menggunakan sarana komunikasi. Yang terpenting adalah selalu tahu membedakan sarana dan tujuan. Semua alat komunikasi itu menjadi sarana, dan bukan tujuan. Tujuan sebenarnya adalah memuliakan Allah dan memanusiakan manusia. Tujuan ini kiranya bisa tercapai dengan merenungkan dan mempertanyakan selalu kehidupan harian kita. 

Ajakan seorang Pastor Antonio Spadario, Jesuit Italia ini kiranya bisa direnungkan. Pastor Spadario yang menulis banyak buku tentang media komunikasi ini mengatakan, yang menjadi masalah saat ini adalah Bukan bagaimana saya menggunakan media komunikasi, TETAPI bagaimana saya hidup dengan media komunikasi. (Spadario, Quando la fede si fa sociale, EMI 2015) Hal pertama kiranya penting tetapi tidak cukup. Bisa saja saya menggunakan dengan baik tetapi kadang berlawanan dengan kehidupan nyata. Hal kedua kiranya konkret karena menyentuh kehidupan di dunia nyata, dan bukan di dunia media komunikasi saja.

Saatnya kita semua hidup dalam dunia media komunikasi. Bukan medianya yang berubah tetapi cara hidup kita-lah yang berubah. 
Sampai jumpa di pertemuan kedua.

BM, 11/09/2017
Gordi SX

Post a Comment

Powered by Blogger.